Gratis!! Download e-Book Tentang Tan Malaka

Gratis!! Download e-Book Tentang Tan Malaka

Download e-Book Tentang Tan Malaka


Tan Malaka: Pahlawan Nasional yang Terlupakan


Masa Muda dan Pendidikan

Lahir pada tanggal 2 Juni 1897 di Nagari Pandam Gadang, Suliki, Kabupaten Lima Puluh Koto, Sumatera Barat adalah Tan Malaka yang nama lengkapnya Ibrahim Gelar Datuk Sutan Malaka. Sejak masih kecil, Tan Malaka telah menunjukkan bakat cerdas dan semangat belajarnya. Dia mengecap pendidikan di institusi Belanda, termasuk Hogeschool te Batavia yang kini dikenal sebagai Universitas Indonesia.


Perjuangan Kemerdekaan

Sejak muda, Tan Malaka sudah terlibat aktif dalam gerakan pro kemerdekaan Indonesia. Dia membangun beberapa organisasi politik, termasuk PKI dan Partai Murba. Konsep Republik Indonesia juga pertama kali diusulkan oleh Tan Malaka dalam bukunya "Naar de Republiek Indonesiƫ".


Pemikiran dan Kontribusi

Pemikir yang radikal dan revolusioner adalah citra yang melekat pada Tan Malaka. Saya memiliki keyakinan Marxisme dan berjuang untuk meraih kemerdekaan Indonesia melalui perubahan sosial yang revolusioner. Meskipun sering terjadi perselisihan pemahaman dengan tokoh-tokoh nasionalis lainnya, pengaruhnya sangat besar dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia.


Kontroversi dan Kematian

Sejarah Indonesia memiliki kontroversi yang melibatkan tokoh Tan Malaka. Belanda dan Jepang pernah mengurungnya dalam penjara, dan pemerintah Indonesia kemudian mengasingkannya setelah merdeka. Di Sumatera Selatan, pasukan TNI membunuh Tan Malaka pada tahun 1949 di Batang Hari.


Pengakuan sebagai Pahlawan Nasional

Walaupun hidupnya penuh dengan kontroversi, pada tahun 1963 Tan Malaka akhirnya mendapatkan pengakuan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Walaupun pemikiran dan perjuangannya tidak selalu sejalan dengan arus utama pergerakan nasional, ia tetap diingat sebagai salah satu pejuang kemerdekaan yang paling tekun dan berkomitmen.


Warisan Tan Malaka

Pemikiran yang kaya dan kompleks merupakan warisan yang ditinggalkan oleh Tan Malaka. Para sejarawan dan ilmuwan politik terus mempelajari serta mengkaji karya tersebut. Dia masih dianggap sosok yang paling menarik dan kontroversial dalam sejarah Indonesia.


Tan Malaka adalah seorang individu yang rumit dan dipenuhi dengan paradoks. Dia adalah seorang yang gigih dalam melawan untuk meraih kemerdekaan, dia juga memiliki pemikiran yang radikal dan sebagai revolusioner kontroversial. Walaupun hidupnya dipenuhi dengan gelombang cobaan, Tan Malaka tetap diingat sebagai seorang pahlawan nasional Indonesia yang memiliki kontribusi terbesar.


Link Downloade-Book Tan Malaka

  1. Tan Malaka - Madilog (Unduh)
  2. Tan Malaka - Madilog Versi Tempo (Unduh)
  3. Tan Malaka - Aksi Massa (Unduh)
  4. Tan Malaka - Semangat Muda (Unduh)

Hubungi Admin di sini jika ada link yang tertukar atau mati/tidak bisa download.

Load comments